Kamis, 10 Oktober 2013

PENDAFTARAN RELAWAN DEMOKRASI







Marabahan, KPU(10/10). Dalam upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan pemilih pada setiap tahapan Pemilu Tahun 2014, khususnya penggunaan hak pilih tanggal 9 April 2014 nanti, KPU Kabupaten Barito Kuala mengajak kepada Masyarakat untuk berperan serta menjadi RELAWAN DEMOKRASI.
Perekrutan relawan demokrasi atau agen-agen Pemilu didasari karena menurunnya tingkat partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih  pada setiap pelaksanaan Pemilu. “memang penyebab enggannya pemilih untuk menggunakan hak pilih sangat beragam. Diantaranya terlalu seringnya Pemilu atau mereka merasa jenuh”. Kata Ketua KPU Batola, Nanang Kaderi, SH. Salah satu upaya tersebut, lanjutnya, KPU RI melalui Surat Edaran Nomor 609/KPU/IX/2013 mengintruksikan kepada seluruh KPU Kabupaten/kota se Indonesia agar merekrut relawan demokrasi. Tidak terkecuali di Kabupaten Barito Kuala. Untuk itu dimintakan agar masyarakat bisa membantu KPU Kabupaten Barito Kuala dengan mendaftar dan menjadi Relawan tersebut.
Sebelum bertugas, para relawan terlebih dahulu dibekali dengan proses pelaksanaan pemilu dan informasi kepemiluan lainnya. Sehingga diharapkan pada saat bertugas nanti dapat melakukannya secara maksimal.
Adapun tugas pokoknya adalah mengajak kepada masyarakat khususnya yang telah berhak memilih dan telah terdaftar sebagai pemilih agar menggunakan hak pilih serta mengajak keluarga terdekatnya juga untuk menggunakan hak pilihnya. Tentu saja penmggunaan hak pilih tersebut harus benar, jangan sampai surat suara yang di coblos nanti, rusak. Akibatnya suara jadi batal. Dengan demikian diaharapkan, tugas relawan akan menjadikan Pemilu Tahun 2014 lebih berkualitas. (dw)

Untuk pengumuman, surat pernyataan dan riwayat hidup dapat di unduh dibawah ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar